Tips Merekam Video Perjalanan Menjadi Lebih Berkesan

Anda tentunya pernah melakukan perjalana liburan bukan? Entah itu pergi ke pantai, mendaki gunung, air terjun, dan tempat wisata lainnya. biasanya saat liburan, juga tidak lupa untuk mengabadikan momen-momen seru bersama teman, bisa dalam bentuk video atau foto misalnya. Video lebih mampu memberikan hal yang luas untuk dieksplorasi dari pada gambar, salah satu faktornya karena adanya audio yang bisa disertakan dalam video tersebut. agar video yang dihasilan menjadi sebuah dokumentsi perjalan yang berkesan, ikuti tips merekam video perjalanan berikut ini:

  • Tetapkan tema video

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu anda harus terlebih dahulu menetapkan konsep. Menetapkan tema video diawal akan membuat anda lebih fokus ketika mengambil gambar perjalanan. Tema yang bisa anda ambil diantaranya video traveling tentang destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, footage berupa video timelapse, video traveling yang berisi kegiatan seru teman-teman anda, dan bisa juga video 3600 yang mulai banyak dipakai banyak orang.

  • Siapkan peralatan penunjang

Karena video yang diambil adalah dengan tema traveling, jadi sebaiknya pakai kamera poket atau DSLR yang entry level sudah sangat cukup. Apalagi sekarang action camera sudah sangat banyak dan kebutuhan memakai action cam sangat cukup untuk membuat video perjalanan yang bagus. Menggunakan kamera HP juga boleh, asalkan kameran di HP tersebut sudah mendukung untuk perekaman video High Definition (HD) agar hasil yang didapat bisa jernih dan bagus.  Agar video yang direkam juga lebih stabil, anda bisa menggunakan stabilizer atau tripod.

  • Buat rekaman lebih

Tips merekam video perjalanan selanjutnya yaitu Jangan takut untuk mengambil banyak scene video, karena dengan begitu akan semakin banyak pilihan saat akan mengedit video. Tak jarang ketika mengambil video, stok dirasa sudah cukup, namun ketika sampai di proses editing ternyata stok kurang dan jauh dari cukup. Jadi sebaiknya ambil scene video yang sebanyak-banyaknya lalu pilih footage terbaik diantara semua stok yang ada.

  • Sediakan cadangan baterai

Dalam pembuatan video membutuhkan  banyak baterai dan cenderung konsumsi baterai yang cukup boros. Jadi sebaiknya, sebelum membuat video traveling sediakan baterai cadangan setidaknya dua agar aman, karena jika bepergian ke destinasi yang  terpencil biasanya  cukup sulit untuk mengisi baterai.

  • Perhatikan media penyimpanan dan lakukan backup

Jangan lupa untuk mengecek atau memastikan media penyimpanan sebelum memulai, apakah media penyimpanan cukup dengan konsep traveling yang anda pilih. Siapkan pula untuk membawa penyimpanan cadangan , hal ini dimaksudkan ketika penyimpanan yang pertama sudah penuh, maka nda bisa menggunakan media penyimpnan cadangan yang dibawa.

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang yaitu lupa tidak membackup video yang telah direkam, jadi selalu biasakan untuk melakukan backup seacara berkala untuk mengantisipasi kehilangan data karena hal-hal yang tidak bisa diduga.

  • Pengambilan gambar

Carilah angel yang menarik agar tercipta sudut pandang yang keren dan berbeda dengan lainnya. selain itu, agar video yang dihasilkan bagus, rajinlah untuk melihat video traveling yang banyak. Anda bisa mencari refrensi di youtube untuk menemukan video perjalanan yang menarik dan bercerita.

Selain hal-hal yang dijelaskan diatas, salah satu tips merekam video perjalanan agar menarik yaitu lakukanlah editing bergaya sinematik yang kini sedang menjadi trend, pilih latar musik yang sesuai, suara jernih terhindar dari noise dan cara pemotongan yang terapikan. Meskipun sibuk mengambil video, jangan lupa untuk menikmati kegiatan perjalanan anda.