Pertama Kali Umroh? Inilah Tips Perjalanan Ibadah Umroh Aman Dan Nyaman

Ibadah Umroh merupakan suatu perjalanan religius ke Mekkah atau bisa juga disebut dengan haji kecil. Sejak kuota Haji dibatasi, kini banyak orang lebih memilih umroh karena lebih murah dan tak perlu menunggu waktu terlalu lama. Bagi sebagian orang, saat pertama kali melakukannya pasti ada perasaan nervous dan penasaran dengan suasana di tanah suci. Nah buat anda yang mempunyai rencana untuk pergi umroh dan ingin tahu apa saja yang harus dipersiapkan, ini dia tips perjalanan ibadah umroh agar aman dan nyaman:

Pertama Kali Umroh? Inilah Tips Perjalanan Ibadah Umroh Aman Dan Nyaman
  • Pandai memilih jasa travel umroh

Minat masyarakat yang tinggi terhadap perjalanan umroh membuat para pelaku bisnis tidak mensia-siakan kesempatan ini. Maka tak heran jika kini banyak jasa travel bermunculan dengan menawarkan berbagai fasilitas dan harga yang menarik. Namun ironisnya banyak ditemukan jasa travel abal-abal yang hanya mengincar keuntungan besar saja. Oleh karena itu pastikan jasa travel yang dipilih sangat terpercaya dan berbadan hukum jelas, tak hanya itu travel tersebut juga harus memiliki pengalaman dalam mengantarkan jamaah meraih mimpi ke tanah suci. harga memang bisa dijadikan bahan pertimbangan, namun jangan dijadikan pertimbangan yang utama. Meski tak mewah, pastikan agar jasa travel yang dipilih tak akan menimbulkan kesulitan dikemudian hari.

  • Persipakan fisik dan mental

Saat umroh, dibutuhkan stamina dan fisik yang baik. Karena nantinya anda akan melakukan serangkaian prosesi umroh yang hukumnya wajib agar umroh yang dilakukan sah. Mulai dari sholat sunnah dari tempat miqat, tawaf mengelilingi ka’bah tujuh putaran lalu sa’I anatara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali dan kemudian dilanjutkan dengan bercukur. Apalagi anda harus berdesak-desakan dengan ratusan ribu orang dari seluruh dunia.

Selain fisik, anda juga perlu mempersiapkan mental yang bagus. Anda akan menemui beberapa ujian mental sehingga perlu melatih kesabaran sebelum ke Tanah Suci agar tidak menodai ibadah umroh anda.

  • Pakaian dan Packing

Tips perlanan ibadah umroh selajutnya yaitu disarankan tidak membawa pakaian yang terlalu banyak. Perlu diketahui bahwa disana terdapat dua musim yaitu musim panas dan dingin, sehingga anda harus mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan saja pada saat musim tersebut.

Khusus untuk kaum pria, jiak mengambil rute Mekkah-madinah, sebaiknya jangan simpan pakaian ihram di dalam koper. Taruhlah di dalam daypack kecil yang biasanya dibagikan oleh pihak travel. Kain ihram tersebut akan anda butuhkan setelah mendarat di airprt Jeddah yang dimana menjadi tempat miqat. Sebaiknya pastikan juga anda telah memberi penanda khusus pada koper anda agar memudahkan saat pengambilan di bandara atau hotel dan untuk meminimalisir  tidak tertukar dengan koper lain.

  • Bawa uang secukupnya

Tak perlu repot untuk menukar rupiah ke dollar atau riyal. Di beberapa tempat rupaiah juga bisa digunakan untuk berbelanja. Jikapun harus menukar rupiah ke riyal, lakukan saja di sana dan bukan di Indonesia.

  • Faktor kemanan

Sebaiknya jika anda hendak meninggalkan hotel, pastikan anda tidak meninggalkan hotel tanpa membawa identitas. Biasanya passport akan ditahan oleh pihak hotel atau penamping dengan alasan keamanan. Oleh karena itu anda akan dibekali dnegan kartu identitas yang berisi informasi tentang anda, travel, hotel, dan nomor telepon penamping. Sehingga bawalah id card tersebut kemanapun anda akan pergi.

Itulah beberapa tips perjalanan  ibadah umroh agar aman, nyaman dan terasa menyenangkan. Mulailah berlajar untuk ikhlas dan sabar karena anda tidak tahu apa yang akan terjadi di tanah suci.